Naikkan volume dan
gunakan PC / Laptop
untuk pengalaman terbaik
MAN3JEMBER

Sejarah MAN 3 JEMBER

Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember  lahir dari  perjalanan panjang sebuah sejarah lembaga pendidikan formal di Jember. Bermula dari kecermatan analisa dari the founding father dan sesepuh yang ada di desa Jombang akan urgensitas makna pendidikan bagi masyarakat, mereka itu antara lain: Bpk. Iskandar Tasrif, Bpk. M. Thohir Djazuli, Bc.Hk. (alm), Bpk.M.Fadhil (alm), Bpk.Mahali (alm), Bpk. H. Alwi Usman (alm) dll. Sehingga sampai berkesimpulan untuk membentuk sebuah lembaga pendidikan Islam yang mengakomodasi kepentingan masyarakat dalam mencerdaskan generasi mudanya, sehingga pada tahun 1977 berdirilah lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Islam setingkat SMA di desa Jombang kecamatan Kencong kabupaten Jember yang  diberi nama MA  ITTIHADIYAH. Pada tahun pelajaran 1982 – 1983 MA Ittihadiyah menggabungkan diri dengan MAN Jember (sekarang MAN 1 Jember) dengan sebutan MAN Fillial Jember, kemudian berdasarkan terbitnya SK Menteri Agama No.515 A Tahun 1995 alhamdulillah MAN Filial Jember menjadi MAN 3 Jember hingga sekarang.

Kini MAN 3 Jember terus melaju untuk mengembangkan potensinya, mengimbangi kemajuan zaman, khususnya bidang pendidikan, serta melakukan pemenuhan tuntutan masyarakat. Program unggulan yang dimiliki MAN 3 Jember adalah keterampilan bahasa dan program komputer, dan Alhamdulillah  mulai tahun pelajaran 2013-2014 MAN 3 Jember menambah progam baru yaitu Podistik hasil MoU dengan ITS Surabaya, Sehingga siswa lulus dari MAN 3 Jember dan memiliki Ijazah MA serta sertifikat Prodistik dari ITS, Selain pengembangan program, memenuhi dirinya pula dengan berbagai sarana prasarana pembelajaran, media pembelajaran berteknologi canggih, keragaman program pengembangan kesiswaan, dan program pengembangan profesionalitas guru, serta karyawan. Bahkan kini MAN 3 Jember  memiliki tenaga edukatif yang berlatar belakang S-2 yang cukup signifikan.  Ini merupakan salah satu jawaban dari sebuah tuntutan kondisi riil kebutuhan masyarakat akan pentingnya kualitas tenaga pendidik.

VISI

Terwujudnya lulusan madrasah yang berakhlak mulia, Disiplin, Inovatif, cerdas, terampil, Kreatif, dan berwawasan kebangsaan (ADICTIF WANGSA)

MISI
  • Membiasakan civitas akademika berperilaku sesuai ajaran islam dan norma yang berlaku di masyarakat
  • Meningkatkan kesadaran berwawasan lingkungan
  • Mentaati peraturan yang berlaku di lingkungan madrasah dan lingkungan masyarakat
  • Melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan
  • Menumbuhkan semangat berprestasi bagi seluruh civitas akademika
  • Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minat
  • Mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bagi seluruh civitas akademika
  • Menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggungjawab bermasyarakat dan berbangsa
JURUSAN
  1. IPA
  2. IPS
  3. AGAMA
PROGRAM
  1. Program Terapan Bidang TIK (PRODISTIK) dan Keterampilan,
  2. Program Bina Prestasi,
  3. Program Qiroatul Kutub, dan
  4. Program Tahfidzul Qur’an

Next
ARD