MAN 3 JEMBER

ADICTIF WANGSA (Akhlak mulia, Disiplin, Inovatif, Cerdas, Terampil, dan berwawasan kebangsaaan)

ANAK - ANAK YANG HILANG ITUPUN TELAH KEMBALI

Ada sebuah WA masuk,  kulihat dari sahabat, teman atau orang yang ku anggap teman meski umurnya jauh dibawahku.

Dia pernah ikut belajar bersama denganku. Setidaknya, itu yang ia  akui.  Meski aku sebenarnya amat tak enak dipanggil sebagai sosok yang memberi pembelajaran. 

Bunyi WA nya begini  "saya sangat berterimakasih atas motivasi dan sugesti yang bapak berikan, tanpa bapak saya tak mungkin jadi seperti sekarang" ujarnya 

Saya sekarang agak memahami bahwa hidup harus terus berubah,  dari jalan yang berliku menuju jalan yang lurus.  Dan oleh karena itu,  apapun yang bapak katakan pasti akan saya lakukan" tandas nya

Aku menghela nafas dalam - dalam. Ku sangat pahan betul, Trac record sahabat  saya ini . Dulunya memang amat pemalas, suka bolos dan bandelnya minta ampun. Kalau diarena tempat belajar selalu tidur.  " iya aku masih mengingatnya" bisikku sambil tersenyum. 

Kulihat wajahnya sekarang amat bersih,  dan  Ach...sudah lumayan sukses rupanya. 

Ku menerawang jauh,  masih terngiang di pikiranku, dan masih segar di ingatanku,  dimemoriku,  "kau memang bandel,  namun aku punya optimisme bahwa sebenarnya tak ada anak atau manusia yang bandel jika kita mampu menyentuh hati dan kemanusiaanya" bisikku didalam hati 

Sahabatku,  demikan aku menjawab WA nya, sejujurnya menghargai jasa dan menghormat sosok yang berjasa atas kita memang baik namun yang harus diperhatikan MENGHARGAI diri sendiri itu jauh lebih baik. Dan engkau telah mampu melakukan itu   sebuah perjuangan dari buah hasil " Pertapaanmu " dalam menempa laku bathin yang engkau lakukan. " Itu adalah perjalanan panjang. 

Satu hal lagi,  jagalah dirimu karena diluar sana masih terbentang tantangan yang jauh lebih besar" ucapku menjawab WA nya.

"Dan aku bukan orang yang terbaik yang pernah anda jumpai meski aku juga bukan orang yang terjelek"pungkasku.

Kesuksesan yang kau genggam hari ini,  bukanlah dari hasil rahim pemikiranku. Namun itu adalah murni dari kekuatanmu yang mampu merubah dari yang tak mungkin menjadi mungkin. Dan aku sangat bangga denganmu. "

Diapun berkata " semoga tahun depan saya bersama keluarga kecil saya bisa hadir di indonesia dan bertemu bapak, tentunya saya berharap bapak selalu sehat" amin. 

Ach.... Thanks.... And amin.

( tulisan ini kupersembahkan buat para alumni MAN 3 JEMBER dimana pun kalian berada, lope you poll)

Oleh :Musthofa Zuhri

Tanggal

30/Mei/2024

Kategori

GURU MENULIS

Post By

admin